Peningkatan Kopetensi Pegawai Tentang Identifikasi Keaslian Pita Cukai Tahun 2022

Sumbawa (08/02/2022) – Mendukung Kementerian Keuangan sebagai Learning Organization, Bea Cukai Sumbawa senantiasa meningkatkan kompetensi pegawai lewat berbagai kegiatan. Kali ini, Bea Cukai Sumbawa melaksanakan Peningkatan Keterampilan Pegawai (PKP) tentang Identifikasi Keaslian Pita Cukai pada 08 Februari 2022. Kegiatan diadakan secara hybrid, dimana sebagian pegawai menghadiri secara fisik di Aula KPPBC TMP C Sumbawa dan sebagian lainnya secara daring.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Franky Hamonangan Malau dan Fungsional Pemeriksa Bea dan Cukai, Richi Ariyando Julvernex Ndolu. Narasumber memberikan pelatihan kepada para pegawai agar mahir dalam mengidentifikasi keaslian pita cukai dengan menggunakan berbagai alat bantu, di antaranya lampu UV, kaca pembesar, cairan kimia dan Holoreader. Selain itu, narasumber menjelaskan tentang fungsi pita cukai yang selain berfungsi sebagai bukti pelunasan, namun juga sebagai alat pengawasan untuk memastikan bahwa Barang Kena Cukai (BKC) yang beredar merupakan BKC yang legal.

“Pita Cukai tahun 2022 mengambil tema Burung Endemik Indonesia, yang menggambarkan luasnya jangkauan Bea dan Cukai dalam melakukan pelayanan dan pengawasan di bidang Kepabeanan dan Cukai di indonesia.” terang Franky.

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan meningkatkan kompetensi pegawai dalam melakukan identifikasi keaslian pita cukai serta dapat menjadi agen penyuluh untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pita cukai.

Share -