Bea Cukai Sumbawa Kenalkan APBN Kepada Generasi Muda Melalui Kegiatan Customs Goes to School

Kamis, 24 Februari 2022 – Dalam rangka APBN Week 2022, Bea Cukai Sumbawa melaksanakan kegiatan Customs Goes to School (CGTS) yang bertema “Kenal, Paham, dan Jaga APBN Negeri”. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Sumbawa Besar, secara luring, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sesuai tema, materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah tentang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) serta Peran Direktorat jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam APBN. Materi pertama disampaikan oleh I Kadek Andika Toldo Adhitama, sebagai perwakilan pegawai muda Bea Cukai Sumbawa. Kemudian dilanjutkan oleh Chandra Hadyanto selaku Plt. Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, yang menjelaskan tentang peran DJBC dalam mengumpulkan penerimaan negara serta upaya pemulihan ekonomi nasional.

Penjelasan materi disampaikan dengan bahasa yang ringan dan disertai berbagai analogi yang relevan agar para siswa memahami tentang APBN serta bagaimana DJBC berperan di dalamnya. Antusiasme para siswa terlihat dari sesi tanya jawab yang dibanjiri dengan berbagai pertanyaan. Terkahir, acara ditutup dengan hiburan berupa games menarik yang melibatkan seluruh peserta.

”Siswa-siswi SMA Negeri 3 Sumbawa Besar merupakan generasi penerus bangsa, calon pemimpin masa depan. Mari kita kenali, pahami, dan jaga APBN negeri ini. Masa depan Indonesia, ada di tangan kalian.” Jelas Bapak Agustyan Umardani, Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Sumbawa.

Share -