Dukung Kesuksesan Penyelenggaran MXGP 2022, Bea Cukai Sumbawa Berikan Kemudahan Impor dan Fasilitas Kepabeanan

Selasa, 28 Juni 2022 — Sumbawa telah sukses menggelar kompetisi motor cross paling bergengsi di dunia. Motor Cross Grand Prix (MXGP) of Indonesia seri ke-12 diselenggarakan di Rocket Sirkuit, Samota, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada 24 s.d. 26 Juni 2022.

Guna memfasilitasi ajang motor cross ini, Bea Cukai telah memberikan fasilitas ATA Carnet dan Pemeriksaan Fisik Diluar Kawasan Pabean atas barang-barang kebutuhan perlombaan. ATA Carnet merupakan dokumen kepabeanan internasional yang juga berlaku sebagai jaminan atas bea masuk dan pajak dalam rangka impor. ATA Carnet memiliki prinsip seperti sebuah paspor, dimana untuk pemasukkan dan pengeluaran barangnya menggunakan dokumen ATA Carnet yang sama.

Pada hari Minggu, 26 Juni 2022, Bea Cukai Sumbawa melakukan pemeriksaan fisik atas seluruh barang kebutuhan MXGP yang telah selesai digunakan. Pemeriksaan dilakukan bersama dengan masing-masing tim pembalap dan perwakilan dari importir. Setelah selesai dilakukan pemeriksaan, seluruh barang dilekati tanda pengaman sebelum akhirnya dikirim ke Jakarta untuk kemudian diekspor kembali.

Pelayanan optimal dari Bea Cukai Sumbawa mendapatkan apresiasi dari Infront Moto Racing selaku promotor MXGP. “The (customs) inspection was quite easy because you guys were able to adapt to new things. I will be pleased to come back next year, and see you again.” Pungkas salah seorang anggota Infront Moto Racing.

Share -