Patroli Laut di wilayah perairan Pulau Sumbawa

Dalam rangka pengawasan dan penegakan hukum kepabeanan dan cukai khususnya di wilayah perairan Pulau Sumbawa, KPPBC TMP C Sumbawa oleh Unit Penindakan dan Penyidikan (P2) telah melaksanakan kegiatan patroli laut mandiri pada tanggal 19 Maret 2021 s.d 23 Maret 2021.

patroli lautSebelum patroli laut mandiri dimulai, kegiatan diawali dengan apel pembukaan patroli mandiri sekaligus pengarahan oleh Kepala Kantor Bea dan Cukai Sumbawa, Rudie Bayu Widjatnoko didampingi Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Andri Noverianto. Kegiatan selanjutnya kapal patroli BC Sumbawa dengan nomor BC 15047 menyusuri perairan Pulau Sumbawa untuk mengamankan masyarakat dari jangkauan penyelundupan barang-barang yang dilarang seperti narkotika, terorisme, barang berbahaya, perdagangan ilegal dan berbagai bentuk kejahatan kemaritiman.

Pada saat kegiatan patroli mandiri, tim patroli melakukan pemeriksaan terhadap salah salah satu kapal yacht mencurigakan yang melakukan lego jangkar di sekitar perairan Pulu Moyo, Sumbawa. Pemeriksaan diawali dengan komunikasi antara komandan patroli BC 15047 dengan Kapten Kapal Yacht Neorion berbendera Switzerland untuk meminta izin agar petugas bea dan cukai dapat naik ke kapal tersebut. Setelah mendapatkan ijin, 2 (dua) orang petugas dengan perlengkapan lengkap sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pemeriksaan kapal kemudian melaksanakan pemeriksaan kapal dengan membawa dokumen administrasi pemeriksaan serta tetap mengikuti protokol COVID-19.

patroli lautSaat dilakukan pemeriksaan, didapati informasi bahwa kapal yacht tersebut masuk ke wilayah perairan Pulau Sumbawa dari Lombok yang sebelumnya sudah melaksanakan pelaporan Vessel Declaration karena berasal dari Darwin, Australia. Dari hasil pemeriksaan oleh petugas tidak ditemukan dugaan pelanggaran di Bidang Kepabeanan dan Cukai serta aturan titipan dari Instansi Penegak Hukum di Indonesia. Kemudian kapal yacht tersebut bersama awak kapal sekaligus pemilik kapal dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan yang sesuai data dan informasi akan mengunjungi beberapa pulau di Indonesia bagian timur.

Dengan kegiatan patroli laut mandiri diharapkan terus berlangsung sebagai bentuk keseriusan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam menjaga masyarakat dari bahaya tindak kriminal dan barang-barang ilegal khususnya di wilayah Perairan Indonesia.

patroli laut#beacukaisumbawa
#beacukaimakinbaik

Share -